03 September 2013

Rooting Android secara Manual tanpa Menggunakan PC












Rooting ini bisa di terapkan jika device android (sudah atau tidak) di unlock bootloader atau proteksi lain seperti s-off. Contoh device seperti samsung atau android china.


 Bahan-bahan:

Clockwordmode recovery (cwm.zip)
Aroma file manager (dalam bentuk zip)
Su binary.
Superuser.apk.


langkah - Langkah 

Pindahkan semua bahan diatas ke dalam root memory internal atau sdcard, matikan hh lalu masuk ke menu recovery (masing-masing hh memiliki metode yang berbeda untuk masuk ke menu recovery jadi lihat petunjuk sesuai merk hh Anda).

Jika anda masih memakai stock recovery install dulu cwm yang telah di copy ke sdcard tadi. Caranya, pilih "apply update from sdcard" lalu pilih cwm.zip. Jika berhasil maka anda akan dibawa ke menu recovery cwm, lalu install aroma file manager dengan memilih menu "install zip from sdcard" trus pilih "choose zip from sdcard" kemudian pilih "aromafm-1.80.zip" pilih yes.

Jika berhasil maka Anda akan dibawa ke menu aroma file manager yang memiliki tampilan layaknya Windows. Saat berada di mode ini, Anda bisa menggunakan touchscreen karena fitur ini didukung aplikasi aromafm.

Selanjutnya, masuk ke folder sdcard lalu cari file su, jika ketemu tekan agak lama hingga muncul menu copy, kemudian tekan copy. Pindah folder ke folder /system/xbin pastekan file su tadi ke folder tersebut lalu ubah permission-nya dengan menekan file agak lama kemudian pilih menu "change permission". Ubah hak akses-nya spt berikut:

User : r,w,ex.

Group : r,ex.

Others : r,ex.

SetUID : yes.

Tekan ok utk memprosesnya.



Sekarang copy file superuser.apk yang ada di sdcard caranya sama seperti proses mengcopy file su tadi tetapi copykan ke folder /system/app lalu ubah permission-nya spt berikut :

User : r,w.

Group : r.

Others : r.

SetUID : yes.

Tekan ok.

Jika sudah buat file symbolic link dari file su ke /system/bin caranya :

Pilih menu "menu" trus pilih "open console"

Ketik : ln -s /system/xbin/su /system/bin/su.

Lalu tekan simbol enter.

Jika sudah pilih keluar dengan menekan menu "close".

Selanjutnya keluar dari aroma file manager dengan memilih menu "menu" lalu "exit" trus keluar dari cwm pilih "reboot system now" nah saat ini hh anda sudah dalam keadaan root. Terlihat dengan adanya icon superuser yang sudah muncul di menu android anda. Jika dibutuhkan install juga busybox.

catatan:

rooting manual ini hanya untuk user yang berpengalaman, penulis tidak bertanggung jawab atas segala akibat rusaknya hh. Cara ini sudah di test pada galaxy young & galaxy s3 mini unroot dan berhasil 100%. 






4 komentar:

  1. mantab om ,, ane dah bisa

    BalasHapus
  2. Hadeh. Masih binggung ane gan.

    BalasHapus
  3. Cara root hh smartfren andromax a16c3h yg usb debug ny di kasih Password ad yg tw nga gan

    BalasHapus
  4. Gan tolong dong kalok bisa sediain link buat download bahannya!!!

    BalasHapus